Sekilas Semester Pendek

Pengertian:
Semester pendek adalah kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan di antara 2 (dua) semester reguler yang ekivalen dengan semester reguler sesuai dengan pengertian Satuan Kredit Semester (sks). Tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperbaiki nilai matakuliah yang sudah pernah ditempuh dalam rangka meningkatkan Indeks Prestasi Kumulatif dan memperpendek masa studi serta menghindari terjadinya putus studi. Sistem penilaian mengikuti aturan pada perkuliahan semester reguler.

A. Tujuan:

  1. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat memanfaatkan waktu libur antar semester dengan program kegiatan akademik.
  2. Memberi peluang dan kesempatan yang lebih luas bagi mahasiswa untuk memperbaiki kinerja studinya ataupun bagi mahasiswa yang cakap dan giat belajar untuk dapat mempercepat masa studinya.
  3. Masa studi yang lebih cepat bagi mahasiswa dan peningkatan produktivitas lulusan.

B. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

  1. Pendaftaran SP : 14 Juni – 08 Juli 2017
  2. Perkuliahan dan Ujian SP : 10 Juli – 04 Agustus 2017
  3. Pengumpulan Nilai : 09 Agustus 2017
  4. Waktu Perkuliahan : 16.30 – 22.00 WITA

Lokasi Perkuliahan :

Kampus : Jl. AMD Manunggal No.9, Damai Bahagia, Balikpapan Selatan, 76114

C. Pedoman Umum Penyelenggaraan

  1. Program semester pendek diselenggarakan setiap tahun dan dilaksanakan di antara semester genap dan ganjil selama 4 minggu, 3 kali pertemuan/minggu
  2. Mata kuliah yang diselenggarakan pada semester pendek terbatas pada mata kuliah yang ditawarkan oleh masing-masing program studi sesuai jadwal yang ditetapkan.
  3. Jumlah serta jenis mata kuliah yang ditawarkan dalam semester pendek ditetapkan oleh Program Studi berkoordinasi dengan Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) dibawah Pembantu Ketua I Bidang Akademik.
  4. Jumlah kredit (sks) maksimal yang dapat ditempuh oleh setiap mahasiswa selama mengikuti kuliah semester pendek adalah 12 sks tanpa memperhatikan indeks prestasi atau IPS semester sebelumnya. Indeks prestasi semester pendek tidak dapat digunakan sebagai pedoman untuk perhitungan beban semester reguler.
  5. Bahwasanya model perkuliahan Semester Pendek 2017 dilaksanakan dalam dua jenis :
    • Perkuliahan terjadwal

      Yaitu perkuliahan yang dilaksanakan secara regular sesuai dengan jadwal yang dikeluarkan dengan syarat minimum mahasiswa peminat sebanyak ≥ 5 orang.

    • Perkuliahan tidak terjadwal

      Yaitu perkuliahan dengan peminat < 5 orang sehingga dilaksanakan dengan mekanisme penugasan. Perkuliahan tidak terjadwal dimaksudkan untuk tetap membantu mahasiswa namun terkendala oleh waktu dan jumlah peserta yang tidak mencukupi kuota minimum.

  6. Perkuliahan terjadwal dilaksanakan sebanyak 12 (dua belas) kali pertemuan, 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) minggu selama 4 (empat) minggu dengan jam pertemuan sbb :
    • Jam 1 : 16.30 – 18.00 WITA
    • Jam 2 : 19.00 – 20.30 WITA
    • Jam 3 : 20.30 – 22.00 WITA
  7. Perkuliahan tidak terjadwal dilaksanakan dengan mekanisme sbb :
    • Waktu perkuliahan ditentukan secara mandiri sesuai kesepakatan antara dosen dan mahasiswa
    • Model perkuliahan dapat dilaksanakan secara tatap muka yang dikombinasikan dengan penugasan (offline/online), proyek serta ujian-ujian
    • Seluruh mekanisme perkuliahan yang dijalankan secara tidak terjadwal dilaksanakan dengan lebih menitikberatkan pada learning outcome/capaian pembelajaran masing-masing mata kuliah yang diraih oleh mahasiswa peserta
  8. Sebagai fungsi monitoring, seluruh dosen pengampu agar membuat dokumen Kegiatan Pembelajaran Semester yang mencatat seluruh kegiatan pembelajaran setiap mata kuliah yang diampu. Dokumen ini beserta nilai akhir kemudian diserahkan ke program studi setelah masa perkuliahan & UAS berakhir.

D. Persyaratan dan Ketentuan Pendaftaran

  1. Mahasiswa yang akan mendaftarkan diri sebagai peserta semester pendek harus terdaftar sebagai mahasiswa pada tahun akademik yang sedang berjalan (memiliki kartu mahasiswa dan menunjukan KRS) atau memiliki surat ijin cuti.
  2. Tercatat pernah memprogram mata kuliah yang akan diikuti dalam SP (menunjukan bukti KHS) pada semester reguler. Mahasiswa tidak diperkenankan mengambil Mata kuliah yang belum pernah ditempuh sebelumnya.
  3. Nilai maksimal yang dapat diprogram ulang adalah nilai C.
  4. Mata Kuliah yang dapat diambil dalam SP maksimal 9 SKS.

E. Prosedur Pendaftaran

  1. Mengisi Formulir Rencana Studi (FRS) Semester Pendek di Sekretariat Program Studi.
  2. Melampirkan KHS / Transkrip Nilai sebagai bukti pernah mengambil matakuliah.
  3. Membayar biaya pendaftaran dan biaya kuliah Semester Pendek secara langsung melalui rekening Bank Muamalat no rek. 601.0015828 a/n Yayasan Airlangga Cq. STIKOM Balikpapan
  4. Melampirkan Bukti Pembayaran Setoran Bank.
  5. Lihat Prosedur

F. Biaya Semester Pendek (SP) :

Biaya Pendaftaran SP : Rp. 100.000,-
Biaya kuliah Per SKS : Rp. 100.000,-

Balikpapan, 14 Juni 2017

Wakil Ketua I Bidang Akademik,
Wisnu Hera Pamungkas, STP, MEng.